Jenis – Jenis Susu dan Manfaatnya

1.Susu Kambing:

Kambing yang bisa dimanfaatkan susunya yaitu : kambing Etawah (kambing yang didatangkan dari india ini mampu menghasilkan susu hingga 3 liter/hari), kambing jawarandu (kambing persilangan etawa dan kambing kacang ini mampu menghasilkan susu hingga 1,5 liter/hari), dan kambing Saanen (kambing dari Saanen,Swiss ini mampu meproduksi susu 740 kg/masa laktasi).-kambingperah
Saat ini di pasaran yang banyak dijual adalah susu kambing etawa, dari mulai kemasan cair sampai bubuk. Susu ini dijual dengan harga rata rata 25.000 – 30.000 per 250gr.

manfaat:

memiliki anti-inflimasi alami, asam lemak esensialnya lebih banyak yaitu 35%. Susu kambing memiliki kemampuan untuk menenangkan saluran pencernaan dan memuaskan rasa lapar lebih efektif untuk anak-anak. Gelembung-gelembung lemak dalam susu kambing setidaknya sepersembilan yang hadir pada susu sapi. Karena itu, iritasi di usus bisa dihindari.
Susu kambing meningkatkan kemampuan untuk memetabolisme zat besi dan tembaga, khususnya pada orang yang memiliki penyerapan dan pencernaan terbatas. Susu kambing di sisi lain juga sangat kaya akan kalsium dan asam amino triptofan.
Manfaat kambing susu sangat banyak karena lebih sehat terutama ketika dikonsumsi mentah

2. Susu Kerbau:

Ada beberapa macam jenis kerbau perah (lihat : kerbau perah), namun pada umumnya yang diternakkan di Indonesia adalah kerbau sungai (produksi susu 1 – 2,5 liter/hari dengan masa laktasi 236-277hari) dan kerbau lumpur (produksi susu 4 – 15 liter/hari dengan masa laktasi 240 – 300 hari).
Di pasaran harga susu kerbau bisa mencapai 1,88 kali lebih mahal dari susu sapi. Masyarakat minangkabau biasa mengolah susu kerbau menjadi dadih (semacam yoghurt).

manfaat:

Susu kerbau sangat kaya akan kalsium. selain itu juga memiliki jumlah Magnesium yang banyak, Kalium dan Fosfor, susu ini juga mengandung zat Besi, Sodium, Seng, Tembaga dan Mangan dalam jumlah kecil.
Susu kerbau merupakan sumber yang kaya Riboflavin dan Vitamin B12. Vitamin A, Vitamin C dan Thiamin juga ditemukan dalam jumlah yang banyak. Sejumlah kecil Folat, Asam pantotenat, vitamin B6 dan Niacin juga ditemukan dalam susu kerbau. 100g Susu Kerbau memiliki 97 kalori dimana 61nya berasal dari lemak

3. Susu Domba:

Domba telah dipelihara untuk diambil susunya selama ribuan tahun dan sudah diperah sebelum sapi. Peternakan domba perah dunia terpusat di Eropa dan negara-negara di dan di sekitar Laut Mediterania. Domba perah menghasilkan 400 hingga 1.100 pon susu per laktasi, sedangkan produksi susu dari trah domba biasa hanya 100 sampai 200 pon susu per laktasi.
Di Indonesia seperti belum dijumpai peternakan domba perah, padahal harga susu domba bisa mencapai 4x lipat harga susu sapi.

manfaat:

Susu domba sangat bergizi, lebih kaya vitamin A, B, dan E, kalsium, fosfor, potasium, dan magnesium dibandingkan dengan susu sapi. Susu domba mengandung lebih banyak asam lemak rantai pendek dan rantai sedang, yang menguntungkan bagi kesehatan. Misalnya, asam lemak rantai pendek kurang berpengaruh terhadap kadar kolesterol pada manusia. Asam lemak rantai pendek ini membuat susu lebih mudah dicerna.
Menurut seorang peneliti Jerman, susu domba mengandung lebih banyak asam linoleat terkonjugasi (CLA) dibandingkan dengan susu dari babi, kuda, kambing, sapi, dan manusia. CLA merupakan lemak pembasmi kanker dan pengurang lemak. Butiran lemak pada susu domba lebih kecil daripada butiran lemak pada susu sapi, sehingga membuat susu domba lebih mudah dicerna.
Susu domba memiliki lebih banyak kandungan zat padat dibandingkan dengan susu kambing atau susu sapi. Karena itu, lebih banyak keju yang dapat dibuat dari satu galon susu domba dibandingkan dengan satu galon susu kambing atau susu sapi. Susu domba menghasilkan 18 hingga 25 persen keju, sedangkan susu kambing dan susu sapi hanya menghasilkan 9 sampai 10 persen

4. Susu Kuda:

Di Sumbawa susu kuda liar sudah sangat terkenal. Kuda liar di Pulau Sumbawa adalah kuda yang oleh pemiliknya dibiarkan hidup bebas di padang penggembalaan yang luas.
susu kuda liar punya keuggulan karena protein yang lebih sedikit dibanding dengan susu sapi sehingga cocok untuk bayi atau orang yang intoleransi laktosa.

manfaat:

Dalam 100 gram susu kuda liar terdapat 0,8 persen protein sedangkan susu sapi mencapai 3,2 persen. Susu kuda juga punya rasa yang gurih karena kandungan gulanya lebih tinggi mencapai 6,8 persen dibanding susu sapi 4,6 persen.
Dalam tiap 100 gram susu kuda liar menghasilkan 44 kalori, yang lebih sedikit ketimbang susu sapi yang sebesar 64 kalori sehingga membuat orang yang minum susu kuda tidak cepat gemuk. Susu kuda liar sama dengan susu dari hewan lainnya seperti sapi dan kambing yang mengandung protein, karbohidrat, laktosa, lemak, kalsium dan mineral seperti kalium dan magnesium. Susu kuda bagus untuk pencernaan karena rantai proteinnya yang lebih mudah dicerna tubuh. Dengan pencernaan yang sehat maka orang akan menjadi lebih fit

5. Susu Unta:

Di Jazirah arab, selain untuk transportasi, unta juga diambil susunya untuk dikonsumsi. Menurut penelitian, komposisi sus unta mirip seperti ASI.Vitamin utama dalam susu unta meliputi vitamin A, B dan B2. Susu ini juga mengandung mineral penting seperti potasium, seng, mangan, tembaga, magnesium, natrium, dan besi.

Kehadiran natrium membuat susu unta terasa sedikit asin. Bila dibandingkan dengan susu sapi, kandungan laktosa dan lemak susu unta jauh lebih rendah, sedangkan kandungan vitamin C dan zat besi masing-masing 3 kali dan 10 kali lebih banyak daripada susu sapi.
Nutrisi lain dalam susu unta meliputi asam lemak tak jenuh ganda, asam linoleat, dan asam volatile.Susu unta juga mengandung unsur antimikroba tertentu yang bermanfaat bagi tubuh

6. Susu Beras:

Bukan susu dari air sisa cucian beras, tapi susu ini asli terbuat dari beras. Beras yang digunakan biasanya beras merah atau beras hitam.
Karena susu beras diekstrak langsung dari butir beras, itu adalah susu bebas laktosa sebagai lawan susu sapi. Ini sangat membantu orang yang tidak toleran laktosa. karena susu beras diekstrak langsung dari butir beras, itu adalah susu bebas laktosa sebagai lawan susu sapi. Ini sangat membantu orang yang tidak toleran laktosa.

7. Susu Almond:

Tren susu almond merambah Jakarta. Dari sentra jajanan, pusat kebugaran, sampai gerai penjualan online menawarkan minuman hasil ekstraksi buah badam (Prunus dulcis) tersebut.
Dalam catatan Kementerian Pertanian Amerika Serikat, dalam 100 gram minuman tersebut terkandung 20 gram protein, 20 gram karbohidrat, dan 45 gram lemak. Selebihnya, mineral dan vitamin. Lemak yang mendominasi susu almond itu tergolong lemak baik–tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda–yang bisa menurunkan kolesterol. Di Gandaria City, susu ini dibanderol 50ribu per kemasan 435ml

8. Susu Ganja ‘Hemp’:

Hemp, jenis tanaman ganja berkadar THC rendah akhir-akhir banyak menyita perhatian publik, bukan karena kontroversi penggunaan rekreasional ganja. Produk makanan berbahan dasar hemp, yang tidak mengandung THC, ramai dipuji oleh banyak kalangan sebagai bermanfaat tinggi bagi kesehatan.
Biji hemp mengandung asam lemak esensial Omega 6 dan Omega 3 dalam rasio 3 berbanding 1. Biji hemp juga mengandung zat-zat nutrisi lain seperti magnesium, fitosterol, asam askorbat, beta karoten, kalsium, serat, zat besi, potasium, fosfor, riboflavin, niasin dan tiamin.
Di Amerika Serikat susu hemp berukuran 1 liter dihargai 4 USD atau sekitar Rp. 34.000.

9. Susu Kelapa (Santan):

Santan biasa ditambahkan dalam masakan khas Indonesia. Tapi siapa sangka, sekarang santan yang merupakan perasan daging kelapa ini mulai digemari sebagai minuman seperti susu.

ada banyak manfaat dari susu kelapa, antara lain:
Susu kelapa mengandung vitamin, mineral dan elektrolit penting yang menyediakan beragam manfaat bagi tubuh. Kelapa mengandung kalsium, kalium, klorida, vitamin A dan E.
Susu kelapa membantu mengurangi tekanan darah, gula darah dan meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.
Susu kelapa mengandung asam laurat yang memiliki anti bakteri, anti-mikroba, anti jamur dan anti-virus.kehadiran asam laurat dan asam lainnya dalam susu kelapa membuatnya sempurna melawan penyakit jantung dan atherosclerosis.
Susu kelapa digunakan dalam perawatan kulit dan rambut.
Lemak jenuh dalam kelapa terdiri dari asam lemak rantai pendek dan menengah, yang diubah tubuh menjadi energi dan bukan lemak.
Ada beberapa jenis antioksidan yang ditemukan dalam susu kelapa.
Susu kelapa adalah anti-bakteri dan membunuh bakteri buruk dari dalam perut yang dapat menyebabkan pencernaan makanan yang tidak baik. Susu kelapa juga juga digunakan sebagai pencahar. Ini juga bisa menjadi obat untuk saluran kencing dan ginjal.
Mandi susu kelapa atau menggunakan susu kelapa yang dioleskan pada ruam dan biarkan semalam, akan menjadi pendingin dan membantu menyingkirkan kering dan gatal pada ruam.

9. Susu Kedelai:

Susu Kedelai, sudah banyak kita jumpai dipasaran. Susu ini biasa diminum oleh para pelaku diet, atau orang orang yg alergi laktosa. Susu kedelai juga kaya akan protein, asam amino, vitamin, dan mangan yang dibutuhkan untuk mengikat zat besi. Susu kedelai juga bebas kolesterol sehingga aman bagi penderita jantung.
Dari sekian banyak manfaatnya, susu kedelai juga memiliki beberapa efek samping jika terlalu sering dikonsumsi. Kandungan Isoflavon yang tinggi pada kedelai, mampu menekan kolesterol jahat dalam darah. Kandungan antioksidannya juga mampu meneka senyawa kanker serta merangsang pembentukaan kolagen untuk peremajaan kulit.
Tapi karena mirip dengan hormon estrogen, terlalu banyak isoflavon bisa menggangu keseimbangan hormon manusia, terutama bisa mengurangi kesuburan para pria.

NB. Sebenarnya Salah jika kita menyebut SUSU pada yang terbuat dari buah atau biji-bijian. Mereka ini lebih tepat disebut SARIPATI, karena SUSU itu dihasilkan oleh Kelenjar SUSU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s