Makanan Sehari-hari Yang Dapat Membahayakan

Manusia memiliki komposisi makanan yang paling rumit dan bervariasi dibandingkan makhluk lainnya di planet ini, akibatnya sistem pencernaan kita menjadi terbiasa mencerna berbagai jenis makanan yang mungkin seharusnya tak baik bagi tubuh kita. Kita biasanya akan memakan berbagai makanan yang berbau sedap dan lezat tanpa peduli apakah makanan tersebut berbahaya bagi kita atau tidak, bahkan tanpa disadari mugnkin makanan tersebut mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh kita.

Inilah beberapa makanan yang ternyata dapat berbahaya bagi tubuh kita:

Nasi

Nasi memiliki banyak manfaat, terutama nasi merah, namun nasi sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak karena mengandung arsenic dalam jumlah yang tinggi dan sangat berbahaya bagi tubuh kita. Semangkuk nasi seperti pada gambar diatas tidaklah berbahaya, namun jika kita mengkonsumsinya dalam jumlah besar maka akan berbahaya, karena kandungan zat arsenic yang tinggi seringkali dikaitkan dengan pemicu penyakit kanker.

Arsenic merupakan elemen yang ditemukan di alam dan pada produk buatan manusia termasuk pestisida. Arsenik level rendah ditemukan di tanah, air dan udara. Unsur ini diambil oleh tanaman saat mereka tumbuh, dari sinilah awal mula jalan masuk arsenik ke dalam tubuh melalui makanan yang kita konsumsi.

Arsenic dapat terkandung dalam sayuran, biji-bijian, buah-buahan dan makanan laut. Menurut FDA, beras merupakan bahan makanan yang mengandung tingkat arsenik paling tinggi, lalu disusul sayuran.

Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang seperti almond dan juga kacang mede adalah makanan yang sehat. Namun sebelum kacang-kacang tersebut dikonsumsi, kacang tersebut harus diproses dan juga dipanaskan. Hal ini sangat penting, karena kacang-kacangan yang mentah mengandung sianida.

Sianida dikenal sebagai senyawa racun dan mengganggu kesehatan serta mengurangi bioavailabilitas nutrien di dalam tubuh. Racun ini menghambat sel tubuh mendapatkan oksigen sehingga yang paling terpengaruh adalah jantung dan otak. Kadar sianida yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan efek yang berbahaya, seperti jari tangan dan kaki lemah, susah berjalan, pandangan yang buram, ketulian, dan gangguan pada kelenjar gondok.

Cabai

Banyak orang menyukai sedikit rasa pedas di makanan mereka, sehingga mereka tidak dapat makan jika tak ada cabai. Namun apakah Anda tahu, bahwa capsaicin adalah sebuah racun. Capsaicin dapat mengakibatkan rasa terbakar, inflamasi, iritasi kulit, sakit perut dan kematian walaupun hal ini jarang.

Capsaicin adalah zat kimia yang menimbulkan rasa pedas yang ada dalam tumbuh-tumbuhan. Zat tersebut merupakan zat nonpolar, tidak bisa dicampur air, persis seperti minyak. Jadi jika terasa pedas tidak akan sembuh dengan meminum air karena kapsaisin tidak larut, bahkan dengan air kapsaisin bisa merata di dalam rongga mulut.Cara terbaik menghilangkan pedas adalah dengan lemak atau minyak.

Jamur


Jamur seringkali dikatakan sebagai makanan super karena memiliki nutrisi yang besar. Namun ada beberapa jamur yang mengandung racun kholin dan dapat mengakibatkan kematian. Jika Anda hendak memetik sebuah jamur liar dan memakannya, Anda harus memastikan bahwa jamur tersebut aman untuk dikonsumsi.

Kholin adalah racun yang paling berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Racun ini terdapat pada jamur amanita, lepoita, russula, collyba, dan bolletus.

Kentang

Kentang seringkali digunakan sebagai pengganti nasi sebagai, dan kentang baik untuk tubuh kita. Namun, ketika kita membiarkan kentang terlalu lama dan sudah mulai bertunas, sebaiknya kita tidak lagi mengkonsumsi kentang tersebut. Kentang yang sudah mulai bertunas mengandung glycoalkaloid yang beracun. Tak hanya itu, daun dan juga akar dari kentang juga beracun bagi tubuh manusia.

Glycoalkaloid adalah zat yang mengandung alkaloid dan gula dan menyebabkan kegugupan ekstrem serta perut mules.

Biji

Buah-buahan seperti apel, cheri, dan juga buah persik baik untuk kita konsumsi, namun tidak halnya dengan biji buah tersebut. Biji-bijian dari buah tersebut mengandung zat amigdalin dan dapat dikonversi menjadi hidrogen sianida yang beracun.

Amigdalin adalah toksin glikosida yang apabila dikombinasikan dengan enzim pencernaan akan menghasilkan hidrogen sianida, racun yang setara dengan Cylon B. Racun tersebut juga digunakan pada pembunuhan massal di kamp konsentrasi ketika perang dunia II berlangsung.

Minyak

Dalam hal ini bukan semua jenis minyak, tetapi minyak jarak. Minyak jarak yang sudah diolah tidaklah berbahaya, namun tetap saja minyak jarak mengandung ricin yang berbahaya dan beracun. Jika kita tidak berhati-hati, mengkonsumsi minyak jarak dapat mengakibatkan kematian.

Ricin adalah protein beracun yang terkandung dalam pohon jarak, daya racun dari ricin murni sangat tinggi, hanya butuh beberapa butir (sebesar kristal garam dapur) sudah cukup untuk membunuh manusia dengan menggunakan media suntikan / pernapasan.

Roti

Banyak roti mengandung potassium bromat yang berbahaya karena merupakan zat karsinogen. Jika bromat berubah menjadi bromida, hal ini tidak berbahaya. Namun jika mereka tidak mengalami senyawa dan tetap sebagai bromat, hal ini tidak baik dan berbahaya karena dapat memicu terjadinya tumor/kanker.

Zat karsinogen adalah zat yang menyebabkan penyakit kanker dengan mengubah asam deoksiribonukleat (DNA) dalam sel-sel tubuh, sehingga dapat mengganggu proses-proses biologis.

UHT/ Susu Pasteurisasi


Susu tidaklah beracun, namun protein susu yang disebut casein yang sudah berubah bentuk mengakibatkan terbentuknya lendir di paru-paru dan usus sehingga sulit untuk dicerna tubuh dan mengakibatkan alergi, asma, gangguan kulit dan penyakit lainnya.

Casein adalah protein dalam susu yang sudah diolah dengan suhu yang tinggi yang dapat berubah bentuk, dan tak dapat dicerna oleh tubuh.

Absinthe

Alkohol jenis ini tak hanya mengakibatkan halusinasi, namun juga mengandung Wormwood yang beracun jika kita mencampurnya dengan salah atau meminumnya dalam jumlah yang banyak. Banyak tempat melarang penjualan minuman jenis ini, biasanya karena efek halusinasi yang ditimbulkan.

Wormwood adalah tanaman hijau dengan bunganya yang kuning pucat, dari bagian tersebutlah zat absinthe (senyawa alkohol) dihasilkan. Ketika mekar penuh, bunganya dapat dikonsumsi setelah sebelumnya dikeringkan terlebih dahulu, dan digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit.

Inilah beberapa makanan yang ternyata berbahaya bagi tubuh kita!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s